TIPS : SURFING DAN BELANJA DI EBAY DENGAN AMAN #2

Jangan ketinggalan untuk baca posting pertama tips belanja di eBay ala saya disini ya 🙂

Oke lanjut aja, kali ini saya akan bahas bagaimana Anda bisa belanja di eBay menggunakan jasa yang akan membantu Anda dalam bertransaksi, sekalipun Anda tidak menggunakan kartu kredit.

1. Pastikan Anda menemukan penyedia jasa tersebut di forum. Anda bisa search di Kaskus misalnya dengan kata kunci “jasa ebay” dan cobalah berkomunikasi dengan mereka dahulu lewat PM, sms, atau lainnya. Kenali dia, perhatikan testimoni yang sudah mereka raih sehingga tidak menimbulkan kejadian tidak menyenangkan dikemudian hari.

2. Carilah barang yang Anda inginkan seperti biasa, kemudian copy dan paste link halaman barang tersebut dan serahkan pada penyedia jasa, berapa total biaya hingga sampai ditangan Anda. Biasanya membutuhkan waktu, setelah itu dia akan memberikan perhitungannya kepada Anda.

3. Jika berkenan, Anda bisa minta sistem perhitungan dia, sehingga Anda tidak perlu repot copy-paste dan tidak merepotkan dia. Namun beberapa penyedia jasa enggan memberikan sistem perhitungannya. Dari pengalaman saya berbelanja dengan mereka, biasanya mereka mematok kurs Rp. 9.500. Dengan perhitungan standar nya : Harga + ongkos kirim * 9.500.

4. Maksimal berikan 3 link sekaligus dari 3 barang yang berbeda, ini akan menyingkat waktu Anda dan tidak terlalu membebankan penyedia jasa.

5. Usahakan berbincang sesekali dengan penyedia jasa tersebut, hingga Anda kenal dia dan dia kenal Anda, maka komunikasi tidak kaku.

6. Jangan lupa minta invoice, ini penting sebab beberapa kasus saya barang tertahan di bea-cukai dan menelepon atau mengirim surat ke saya untuk segera dikirimkan invoice nya. Namun jangan takut, biasanya memang invoice selalu dikirim ke email Anda.

7. Jangan lupa kabari kepada penyedia jasa jika terjadi masalah atau barang telah sampai.

8. Belanja lah dengan bijak, sebab beberapa penyedia jasa tidak mau melakukan transaksi dengan barang yang berbau porno, senjata atau yang berbahaya lainnya.

One thought on “TIPS : SURFING DAN BELANJA DI EBAY DENGAN AMAN #2

Leave a comment